26 May 2019

5 Cara Menjadi Podcast Yang Sukses

Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk menjadi seseorang yang berhasil dan sukses dalam bidang yang sedang digeluti apapun jenisnya. Kesuksesan bisa anda dapatkan jika kita serius dan berusaha sekuat mungkin untuk berjuang mendapatkan keinginan kita itu agar terwujud. Pada era digital ini terdapat banyak inovasi-inovasi dalam mendapatkan uang dari bisnis online. 
Banyak sekali perubahan-perubahan di setiap  pemasaran di media online terutama di bidang marketer berusaha menemukan inovasi yang lebih update tentang  teknologi pemasaran terbaru. Dalam hal ini yang menunjukkan tanda-tanda keberhasilan yaitu Aplikasi Podcast.


Sebagai pelaku marketing di media social hal ini sudah biasa terjadi banyak perubahan-perubahan yang terjadi di era digital seperti sekarang ini. Jika anda tertarik untuk menjadi podcast untuk berbisnis dan mendapatkan kesuksesan yang akan terwujud. Perlu anda ketahui tentang podcast coba anda simak artikel di bawah ini.



APA ITU PODCAST?



Podcasting atau yang di singkat dengan podcast adalah media konten digital, yang biasanya dalam bentuk suara radio atau digital dengan format mp3 atau AAC  yang bisa diunduh lewat RSS 2.0 Feed.



Tidak seperti aplikasi sosial media yang lainnya, Podcasting  Ini memungkinkan anda secara konsisten dalam memberikan konten yang kreativ, suara yang jelas, berkualitas tinggi dan lebih relevan dengan target yang luas. Selain itu,  Anda juga dapat terhubung antara personal dengan audiens yang lainnya.



Untuk memaksimalkan potensi konten Podcasting anda yang perlukan yaitu menyusun rencana agar masuk di semua kalangan dengan strategi-strategi yang aman dan dengan topik-topik yang sedang hangat dan motivasi untuk si pendengar . Tak ada bedanya dengan outlet media yang biasa kita pakai oleh para profesional. Jika Anda masih awam atau pemula, sebaiknya anda harus belajar tahap demi tahap dalam menekuni dunia Podcasting agar bisa maksimal dan berkualitas konten yang akan anda bicarakan.






Untuk kalangan yang terbiasa berbicara di depan panggung atau sering menjadi Moderator disebuah acara kemungkinan akan tidak menemukan kesuitan dalam membuat konten karena merek telah terbiasa membahas topic-topik dan isu-isu terhangat baik dari segi music, politik, motivasi, dan banyak lainnya.

Tenang guys bagi kalian yang masih pemula! Apapun bisa kamu wujudkan jika kamu benar-benar tekun dan bertekad melakukannya. Jika kamu bingung bagaimana cara menjadi Podcasting  yang sukses ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, nah penasaran kan berikut saya berikan tips-tipsnya !!





Berikut Adalah Langkah-Langkah  Memulai Menjadi Podcasting !



Setidaknya ada 7 langkah yang harus kamu ikuti sebelum akhirnya kamu bisa menjadi Podcasting yang sukses. Perlu kalian perhatikan menjadi orang yang sukses itu membutuhkan waktu dan pengalaman, paling utamnya adalah kesabaran dan tekad yang kuat agar menjadi orang yang konsisten.



1. Membuat Akun Podcast



Hal yang utama dan jelas jika kita mau menggeluti bidang podcast hal pertama yaitu membuat akun terlebih dahulu dan susun konsep materi apa yang ingin kalian share di Podcast bisa dari interview, Review, Lagu Terbaru, Musik, Unboxing, pengalaman hidup, Politik dan banyak berita-berita yang sedang trending saat ini.




2. Mengatur Frekuensi Podcasting



Podcast terdiri dari seri episodik, jadi sangat penting untuk menentukan dan mengatur frekuensi. Sama précis seperti konten-konten media lainnya seperti acara TV, youtube, blog, dan lain-lain nya,  itu sama pentingnya ketika kita menetapkan jadwal yang harus kita patuhi bersama tim dan individual. Jika dari hal jadwal kita amburadul alias acak-acakan maka sie pendengar akan merasa tidak nyaman dan kecewa sebab mereka akan bingung akan mendengarkan pembahasan tentang apa.

Jika podcast kita mempunyai jadwal akan membuat audiens kita menjadi konsisten ingin mendengarkan konten yang ada di podcast anda. Jika anda yang masih pemula bisa anda memulai 2 minggu sekali tak harus memaksakan kehendak seiring berjalannya waktu nanti lama-kelamaan anda terbiasa dan menjadi konsisten dalam membuat konten di podcast anda sendiri sehingga membuat audien menjadi banyak.



3. Tentukan Format podcasting 



Podcast mempunyai 2 format yaitu Audio Dan Video, jika kalian sudah terbiasa membuat video sebaiknya anda memilih video sebab anda sudah terbiasa dalam editing video ketimbang audio. Menurut  Saran dari saya, sebaiknya anda  cukup banyak berbicara terlebih dahulu,  jangan pikirkan format nya. Jadi, lakukan apa yang cocok dengan karakter diri anda dengan cara yang baik.



Jika anda kurang percaya diri di depan kamera, atau tidak punya keahlian yang baik dalam membuat konten melalui video yang durasinya cukup panjang sebaiknya anda beralih ke format podcast audio. Cari banyak sumber tentang podcast agar konten-konten anda berkualitas dan menemukan target sasaran yang tepat.






4. Menentukan Lama Durasi Podcast



Dalam hal ini banyak yang kesulitan dalam menentukan lama durasi Podcast mereka karena kebinggungan dalam pembahasan topic cerita dan sebagainya.perkara yang rumit, yang hanya bisa dilakukan melalui metode trial and error. Untuk podcast solo, panjang optimum  biasanya antara 12-15 menit.



Carilah banyak-banyak topik yang sedang trending sehingga kita bisa menggabungkan banyak cerita dengan cara wawancara dalam satu sesi, lamanya durasi harus tetap kita jaga agar tetap pendek dan informatif sehingga audien tidak jenuh dan bosan. Berhentilah jika anda sudah kehabisan pembahasan atau blank dalam berbicara. Hal-hal yang penting saja yang di bicarakan dan di rangkum sedetail mungkin agar pembahasanannya di mengerti audiens. 



Berbeda dengan seseorang  yang masih pemula, sebaiknya anda membuat konsep atau scrip agar topic atau pembahasan yang ingin anda ceritakan tidak acak-acakkan aliasgado-gado, lakukan dengan hati-hati, Apalagi jika kalian memiliki solusi atau saran untuk membuat konten yang jelek menjadi menarik, maka butuh durasi yang lama dalam membantu memberikan informasi atau pengetahuan lebih untuk audiens.




5. Kualitas Produksi Harus Di Jaga



Hal ini merupakan pokok utama dan jangan anda abaikan untuk para podcast. Kualitas Produksi harus di jaga karena bisa membangun audien menjadi ramai pendengarnya. Jadi kalian harus serius dan fokus pada podcast anda. Periksa kualitas audio agar suara yang di hasilkan jernih dan jelas. Pakai alat pembantu mikrofon yang kualitasnya telah terbukti serta camcorder HD. Sebelum di publis lebih baik anda dengarkan terlebih dahulu bagaimana kualitas suara anda apakah sudah jelas atau tidak jelas. Jangan sampai  audiens berkomentar karena audio yang kita hasilkan kurang jelas.


Semoga setelah anda membaca tentang artikel podcast ini bisa menambah wawasan anda tentang podcast. Banyak segelintir orang yang mengeluh bahwa podcast tidak semudah membuat konten di youtube atau di blog.  Namun hal itu bisa kita lewati dengan ketekunan, kesabaran dan doa. Semoga artikel inibisa membantu anda, saran dan kritik nya bisa anda berikan di kolom di bawah ini.

Previous Post
Next Post

0 coment�rios:

Silahkan Berkomentar Untuk Kemajuan Postingan Blog