26 February 2019

PENTINGNYA SENAM IBU HAMIL




      Ibu-ibu hamil jika mendengar kata olah raga pasti pikiran nya langsung mengarah yang tidak-tidak, Karena ibu hamil itu paling anti untuk bergerak kata lainnya malas bergerak. Sebenarnya olah raga itu tujuan nya baik tidak ada hal yang buruk jika kita olah raga. Di sini penulis tujuannya hanya mengajak ibu-ibu hamil untuk ber olahraga sebab kenapa saya mengajak ibu-ibu hamil supaya olah raga karena Olah raga itu sangat penting bagi ibu hamil, untuk tetap mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Namun olah raga yang dilakukan, juga harus yang sesuai dengan perubahan fisik. Senam yang pas dilakukan saat kehamilan adalah senam hamil.
        Senam hamil biasanya dimulai saat kehamilan memasuki trisemester ketiga, yaitu sekitar usia 28-30 minggu kehamilan. Selain untuk menjaga kebugaran, senam hamil juga diperlukan untuk meningkatkan kesiapan fisik dan mental calon ibu selama proses persalinan.Adapun pengertian Senam hamil adalah suatu gerak / olah tubuh yang dilaksanakan oleh ibu hamil sehingga ibu tersebut menjadi siap baik fisik maupun mental untuk menghadapi kehamilan dan persalinannya dengan aman dan alami


APA SIH TUJUAN SENAM HAMIL ???


1. Meningkatkan dan mempertahankan kekuatan dan elastisitas otot-otot dinding perut, ligamen2, otot dasar panggul, otot sekitar punggung yang berguna dalam menjaga pertumbuhan janin dan berhubungan dengan proses persalinan.selain itu otot2 dada, kaki dsb untuk memepertahankan otot2 tersebut dan dapat menjaga kesehatan ibu selama hamil.

2. Membentuk sikap tubuh untuk mengatasi keluhan2 umum ibu hamil dan menjadikan letak janin dalam posisi baik.

3. Memperoleh relaksasi tubuh yang sempurna, yang akan berguna untuk mengatasi stress selama hamil.

4. Menguasai teknik2 pernapasan yang bermanfaat untukpersalinan dan mempercepat relaksasi tubuh selama kehamilan.

5. Memperoleh latihan penenangan.


APA ADA MANFAATNYA SENAM HAMIL ITU ???


      Begitu banyak manfaat dari senam karena di setiap kita bergerak ada makna dan tujuan baik dalam memposisikan badan,mengatur keseimbangan tubuh dan mengatur pernafasan normal.

    Adapun Manfaatnya Senam ibu hamil yang terutama yaitu :

1. Ibu Hamil Menjadi sehat

2. Badan Ibu hamil menjadi segar

3. Menjaga keseimbangan tubuh

4. Kontraksi janin menjadi normal

5. Pernafasan ibu hamil lebih teratur


BERIKUT ADALAH TAHAP-TAHAPAN SENAM HAMIL :



1. Berfokus pada pergerakan kaki, yg dapat menghilangkan rasa penat pada kaki. Duduk tegak bersandar pada kedua lengan, kedua tungkai kaki diluruskan dan dibuka sedikit, seluruh tubuh lemas dan rileks.

Kegiatannya :

a. Grakan kaki kiri jauh ke depan dan kaki kanan jauh kebelakang lakukan secara begantian, lakukan 8 kali.

b. Gerakan kaki kanan dan kiri bersamaan jauh kedepan, kemudian jauh kebelakang, lakukan 8 kali.

c. Gerakan kaki kiri dan kanan secara bersamaankekanan dan kekiri, lakukan 8 kali.

d. Gerakan kaki kanan dan kanan bersama2 ke dalam sampai ujung jari menyentuh lantai kemudian keluar, lakukan 8 kali.

e. Putar kedua kaki bersama2 ke kiri 4 kali ke kanan 4 kali.

f. Angkat kedua lutut tanpa menggeser kedua tumit dan pantat. Tekankan kedua tungkai ke lantai sambil mengkerutkan liang dubur dan kempiskan perut tahan 5 detik kemudian relaksasi

2. Duduk tegak kedua tungkai kaki lurus dan rapat.

Kegiatannya :

Letakkan tungkai kanan diatas tungkai kiri. Tekan tungkai kiri dengan seluruh kekuatan tungkai  kanan, sambil mengempiskan perut dan mengkerutkan liang anus, tahan 5 detik kemudian rileks kembali. Ganti untuk tungkai kiri, masing2 lakukan 4 kali.

3. Duduk tegak, kedua tungkai lurus, rapat dan rileks.

Kegiatannya :

Angkat tungkai kiri keatas lutut tidak boleh di tekuk, letakkan kembali, lakukan secara bergantian dengan tungkai kanan, lakukan 8 kali.
4. Duduk sila dan tegak kedua tangan di atas bahu dan kedua lengan di samping mamae

Kegiatannya :

a. Tekan samping mamae dengan sisi lengan atas, kemudian putar kedua lengan tersebut kedepan. Lakukan sebanyak 8 kali.

b. Tangan lurus ke atas telapak tangan menghadap ke depan, gerakan ke bawah sebatas bahu, telapak tangan menghadap ke atas, lalu turunkan sampai menyentuh lantai. Ulang gerakan dari bawah keatas, lakukan 8 kali

5. Berbaring terlentang kedua lengan di samping badan, kedua lutut ditekuk
Kegiatannya :
Angkat panggul sampai badan dan kedua tungkai atas membentuk sudut dengan lantai dan ditahan oleh kesua kaki dan bahu turunkan perlahan-lahan dan relaks.

6. Berbaring terlentang kedua lengan disamping badan, kedua tungkai lurus dan rileks.

Kegiatannya :

Panjangkan tungkai kiri dengan menarik tungkai kanan mendekati bahu kanan, namun lutut tidak boleh ditekuk, lalu kembali semula lakukan 2 kali lalu ganti kaki kanan lakukan 2 kali berturut-turut, lakukan gerakan tersebut 8 kali.

7. Putarkan panggul ke kiri sebanyak 4 kali dengan menggerakkan panggul ke kiri. Tekan pinggang ke lantai, sambil mengempiskan perut dan mengerutkan liang anus, gerakan panggul ke kanan angkat pinggang ke atas dan seterusnya, lakukan 4 kali gerakan ke kanan dan 4 kali gerakan ke kiri.


Sumber Informasi Terakurat :
Bunda Pratiwi.2017.Buku Senam Hamil Praktis.Jakarta
Previous Post
Next Post

0 coment�rios:

Silahkan Berkomentar Untuk Kemajuan Postingan Blog