13 April 2019

Kesalahan Besar Minum Obat Pakai Sendok Makan


Hal ini sudah biasa terjadi tetapi tujuan penulis yaitu memberi informasi tentang cara pemberian minum obat cair yang benar. Terutama dalam penggunaan sendok makan untuk minum obat cair seperti sirup batuk dan suspensi hal ini adalah tindakan yang tidak di benarkan. Untuk kalangan masyarakat awam hal ini bukan lah hal yang beresiko tetapi untuk penyembuhan pasien hal ini sangat mempengaruhi di tandai dengan susah sembuhnya gejala penyakit yang di derita pasien. Jika terus menerus hal ini terjadi bisa berdampak kepada kesalahan dalam pemberian dosis obat.


Perlu di ketahui antara sendok makan, sendok obat, dan sendok teh itu berbeda dosisnya. Dalam pemberian obat cair yang benar adalah dengan sendok obat sebab untuk dosis sendok obat itu adalah 5 ml, dosis sendok teh adalah 5 ml dan sedangkan dosis sendok makan adalah 15 ml yang artinya jika kita gunakan 3 kali pemakaian sendok obat sudah jelas hal itu salah sehingga pasien bisa over dosis. Banyak masyarakat menganggap bahwa ukuran sendok makan dan sendok teh itu sama sehingga mereka menggunakan sendok makan dan sendok teh untuk minum obat cair. 


Saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya tentang jenis-jenis sendok beserta dosisnya :

1. Dosis sendok teh adalah 5 ml

2. Dosis Sendok Makan adalah 15 ml

3. Dosis sendok obat adalah 2,5 ml sampai 5 ml untuk sirup anak-anak biasanya setiap kotak sirup langsung ada sendok obatnya beserta garis penanda.

4. Dosis Cup takaran obat adalah 2,5 ml sampai 5 ml 

5. Dosis Pipet tetes atau Dropp yang biasa di berikan untuk minum obat cair pada pasien bayi yang masih susah meminum obat dengan cara menekan dan melepas tekanan nya dosisnya antara  2.5 ml, 5 ml, 7,5 ml, 10 ml sampai dengan 15 ml dan biasanya drop d dapat dari membeli di apotek-apotek.


Semoga setelah saya memaparkan judul artikel tentang Kesalahan Besar Minum Obat Pakai Sendok Makan dengan pembahasan cara minum obat cair yang benar. Setelah membaca artikel penulis berharap masyarakat atau ibu-ibu bisa menerapkan cara pemberian minum obat cair yang benar. Nahh sekarang kan sudah mengerti bahwa sendok makan dan sendok teh itu tidak di perbolehkan untuk minum obat cair, mulailah dari sekarang meninggalkan kebiasaan buruk itu agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang fatal. Biasakan setiap pemberian obat kepada anak, keluarga dan orang lain agar dapat membaca petunjuk dan masa kadaluarsa obat tersebut.

Previous Post
Next Post