09 May 2019

OMEPRAZOLE 20 MG TAB

OMEPRAZOLE 20 MG TABLET




KOMPOSISI
Tiap kapsul lepas tunda mengandung Omeprazole pellet 8,5 % setara dengan Omeprazole 20 mg.


CARA KERJA OBAT :
Omeprazole merupakan anti sekresi turunan benzimidazole yang bekerja menekan sekresi asam lambung dengan menghambat aktivitas enzim H/K ATPase (pompa proton) pada permukaan kelenjar sel parietal gastrik pada pH < 4, omeprazole yang berikatan dengan proton (H) secara cepat akan dirubah menjadi sulfonamide suatu penghambat pompa proton yang aktif, 
Penggunaan Omeprazole secara oral menghambat sekresi asam lambung basal dan stimulasi pentagastrik.

Baca Juga : Banyak Pikiran/ Stress Dapat Meningkatkan Asam Lambung 

INDIKASI :
Untuk pengobatan jangka pendek tukak duodenal dan yang tidak responsive terhadap obat-obat antagonis reseptor H2. Pengobatan jangka pendek tuka lambung. Pengobatan Reflux esofagitis erosif / ulcerative yang telah di diagnosa melalui endoskopi. Pengobatan jangka lama pada Sindroma Zollinger Ellison.


KONTRA INDIKASI
- Penderita yang hipersensitif terhadap Omeprazole.

Baca Juga : Cara Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

POSOLOGI
- Dewasa:
Dosis yang dianjurkan : 20 mg atau 40 mg sekali sehari ditelan utuh dengan air. Pada penderita dengan gejala tukak duodenal : pengobatan dan penyembuhan berlangsung dalam waktu 2 minggu, bagi penderita yang belum sembuh dalam pengobatan awal ini, biasanya memerlukan periode
pengobatan 2 minggu lagi.

Pada penderita dengan gejala tukak lambung atau reluks esofagitis erosi/ulceratif : pengobatan dan penyembuhan memerlukan waktu 4 minggu lagi.

Pada penderita yang sukar disembuhkan dengan pengobatan lain, diperlukan 40 mg sekali sehari dan biasanya kesembuhan dapat tercapai dalam waktu 4 minggu (bagi penderita tukak duodena atau refluks esofagitis erosif/ulceratif).

Pada penderita Sindrom Zollinger Ellison:

- Dosis awal : 20 - 160 mg sekali sehari. dosis ini harus disesuaikan untuk masing-masing penderita dan pengobatan sebaiknya hanya diberikan selama di indikasikan secara klinis, untuk dosis lebih dari 80 mg per-hari, dosis harus dibagi 2 kali sehari.

- Omeprazole kapsul hendaknya diminum sebelum makan.

- Kapsul ini hendaknya jangan di buka di kunyah, atau dihancurkan dan harus ditelan seluruhnya.

Pasien dengan gangguan fungsi hati dan ginjal : Tidak di perlukankan dosis khusus.

Pasien Usia lanjut: Tidak diperlukan panyesuaian dosis bagi orang lanjut usia.

Anak-anak:
Belum ada Pengalaman penggunaan omeprazole untuk anak-anak.


PERINGATAN DAN PERHATIAN
Pada penggunaan jangka lama omeprazole perlu diwaspadai efek sustained hipochlorhydria dan hypergastrinemia.

Untuk dosis lebih dari 80 mg per hari dosis harus dibagi dua kali sehari.
Omeprazole sebaiknya tidak diberikan selama masa-masa kehamilan dan menyusui kecuali apabila penggunaannya di anggap penting.


EFEK SAMPING
Omeprazole umumnya dapat di toleransi dengan baik, pada dosis besar dan penggunaan yang lama kemungkinan dapat menstimulasi pertambahan sel ECL (enterochromaffinlikecells), pada penggunaan jangka panjang perlu di perhatikan adanya pertumbuhan bakteri yang berlebihan di sal. cerna.


INTERAKSI OBAT

- Omeprazole dapat memperpanjang eliminasi obat-obat yang dimetabolisme melalui sitokron P450 didalam hati yaitu Diazepam, Warfarin dan Fenytoin. Pemantauan penderita yang juga mendapat pengobatan warfarin atau Fenytoin sangat dianjurkan, mungkin perlu menurunkan dosis warfarin atau Fenytoin. Tidak ditemukan interaksi dengan prpanolol dan Teofillin.
- Omeprazole mengganggu absorpsi obat-obat yang absorbsinya dipengaruhi oleh pH lambung yaitu Ketoconazole, Ester Ampisilin, garam besi.



Kemasan
Dus isi3 strip @ 10 kapsul lepas tunda No. Reg.:GKL 0934008503 A1
Previous Post
Next Post

0 coment�rios:

Silahkan Berkomentar Untuk Kemajuan Postingan Blog