31 March 2019

CARA AMPUH MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL DALAM TUBUH



Pada umumnya saat ini masyarakat tidak awam lagi mendengar penyakit Kolesterol, Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kita menderita kolesterol yang paling utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat dan tidak pernah olah raga. Sebelum kita membahas cara menurunkan kolesterol sebaiknya kita mengetahui pengertian tentang Kolesterol, Kolesterol adalah zat berupa lemak yang terdapat pada semua sel tubuh dan sangat dibutuhkan untuk membuat hormon, vitamin D, dan asam empedu yang membantu mengubah lemak menjadi energi.

Sebenarnya setiap manusia itu mempunyai kolesterol namun Kolesterol terbagi 2 yaitu Kolesterol Jahat (LDL) dan Kolesterol Baik (HDL) dan masyarakat sekarang kebanyakan menderita kolesterol Jahat (LDL). Ada banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai individu untuk mengurangi dampak yang timbul dari Kolesterol dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Kita harus menerapkan gaya hidup yang sehat dan rajin berolah raga sebab jika kita lalai dan membiarkannya maka dapat meningkatkan resiko terkena penyakit Stroke dan serangan jantung. Pakar kesehatan menyebutkan ada banyak sekali makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol. Masalahnya adalah makanan-makanan ini dikenal memiliki rasa yang nikmat, mudah ditemui di mana saja, dan memiliki harga terjangkau.

Berikut adalah makanan-makanan yang harus di hindari untuk menurunkan kolesterol :
1. Makanan Berminyak (Gorengan, Tumis-tumisan)
2. Makanan ber santan (Rendang, Gulai)
3. Makanan siap saji (Mie, bakso, mie ayam)
4. Makanan Sea food (Udang, Lopster, Kepiting, Cumi, Kerang)
5. Jeroan (Hati ayam, usus dll)
6. Kurangi makan daging baik sapi, ayam kota, dan kambing.

Berikut adalah cara yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh :

1. Olahraga
Olahraga adalah salah satu yang terbaik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Olahraga yang ringan-ringan saja yang bisa kita lakukan seperti meraton, skiping, pust up, skotjam dan lain-lain.

2. Konsumsi Sayur-sayuran
Sayur yang seratnya tinggi karena bagus untuk menurunkan kolesterol seperti sayur sawi, kubis, kangkung, slada, wortel, kacang panjang dan banyak sayur lainnya.

3. Buah-buahan

4. Konsumsi Makanan yang di rebus

5. Perbanyak Konsumsi ikan
Banyak Konsumsi ikan merupakan Sumber Omega-3 seperti makanan laut dan minyak ikan dapat menurunkan kolesterol. Selain itu salmon, mackerel, dan tuna laut juga menurunkan kolesterol. Mengonsumsi kerang dan udang dianjurkan tetapi dalam jumlah sedikit. Sumber omega-3 lainnya termasuk biji dan kacang-kacangan tetapi tidak kacang.

6. Istirahat yang cukup
Tidur cukup & berkualitas untuk membantu metabolisme hati supaya kolesterol jahat tidak menumpuk

7. Berhenti merokok karena nikotin dalam rokok bisa merusak dinding pembuluh darah & mengganggu fungsi hati sehingga kolesterol jahat bisa menumpuk&menyebar dalam tubuh
Demikianlah ulasan tentang cara yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena jika kita tidak segera merubah pola hidup yang tidak sehat akan beresiko tinggi stroke dan agal jantung. Obat-obat medis yang di gunakan untuk menurunkan kolesterol yaitu Simvastatin sehari 1x1 di minum sebelum tidur. Simvastatin mempunyai beberapa dosis yaitu ada yang 10 Mg dan 20 Mg yang sering digunakan untuk kadar kolesterolnya yang lebih dari 300 ul/dl. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke media sosialmu.
Previous Post
Next Post

0 coment�rios:

Silahkan Berkomentar Untuk Kemajuan Postingan Blog