13 April 2019

5 ALAT KESEHATAN YANG WAJIB ADA DI RUMAH

Dalam kehidupan berumah tangga ada sebagian keluarga yang tidak terlintas dalam pikirannya untuk menjaga kesehatan dan olah raga. Sebagian orang yang tidak mengerti tentang kesehatan mereka hanya berfikir tentang pekerjaan dan mencari uang saja. Anda tentu paham bahwa kesehatan adalah segala-galanya karena tanpa tubuh yang sehat kamu tidak akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Oleh karena itu sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi ada baiknya kita menyiapkan perlindungan untuk kesehatan dan keselamatan kita nanti. Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan ada baiknya kita mempunyai peralatan-peralatan kesehatan yang sederhana untuk mencegah dan mendeteksi dini faktor resiko terjadinya penyakit. 

Berbagai kondisi dapat terjadi dengan tubuh kita, bahkan sampai kita jatuh sakit. Jika hal itu terjadi maka akan membutuhkan banyak biaya yang cukup besar seperti orang-orang kata "SEHAT ITU MAHAL". Kita sebagai manusia biasa tentu tidak tahu kapan kita sakit dan kapan musibah akan datang ke kita. Maka dari itu sebaiknya kita mempunyai alat kesehatan yang dasar, bertujuan untuk di gunakan pada saat terjadi keadaan-keadaan darurat.
Berikut daftar 5 Alat Kesehatan Yang Wajib Ada Di Rumah :


1. THERMOMETER

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Termometer)

Thermometer bisa di gunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa tanpa terkecuali, digunakan disaat suhu badan kita sedang panas hingga badan kita mengigil dengan meletakkan nya di ketiak tunggu selama hingga 15 menit. Suhu normal 35-36,5 derajat celcius jika suhu kita di atas 37,5 derajat celcius sebaiknya kita minum air putih yang banyak jika suhu kita semakin panas hingga 38 derajat celcius sebaiknya kita konsultasi dengan dokter terdekat jika perlu datang ke praktek dokter.



2. TIMBANGAN BADAN

Timbangan Badan yaitu timbangan yang digunakan untuk mengukur berat badan. Ada beberapa jenis timbangan badan yaitu : timbangan bayi, timbangan badan anak-anak, dewasa dan timbangan badan digital.(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Timbangan)

Berat badan berlebih ataupun berat badan yang kurang sama-sama memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu sangat penting mengontrol berat badan dengan memantaunya dengan timbangan badan agar berat badan  menjadi seimbang.


3. TENSI METER

Tensi meter adalah alat untuk mengecek tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut - 120 /80 mmHg. Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole. Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat Anda istirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring.(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tekanan_darah)

Untuk dirumah sebaiknya kita menggunakan tensi meter digital banyak merek barang yang bagus dan berkualitas seperti OMRON, MICROLIFE, TENSIONE dan ROYAL.


4. ALAT MULTI CHEK

Untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita secara menyeluruh dan mendeteksi kemungkinan adanya penyakit. Itu sebabnya pemeriksaan darah menjadi bagian dari medical check up yang dilakukan sesuai anjuran dokter. Di antara banyak jenis pemeriksaan, cek gula darah dan kolesterol menjadi bagian yang rutin dilakukan. Tujuannya untuk memantau kadar gula darah, asam urat dan kolesterol untuk mencegah diabetes, asam urat/rematik dan kolesterol tinggi. 


5. KOTAK P3K

P3K = Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
Tujuan= Sebagai pertolongan awal jika terjadi kecelakaan/luka yang bersifat ringan
Sifat= P3K sifatnya untuk kecelakaan skala kecil misalnya luka gores
Manfaat = Sebagai pertolongan pertama sebelum masuk ke tindakan lebih lanjut agar sakit si korban setidaknya berkurang.

Peralatan pertolongan pertama di rumah biasanya digunakan untuk mengobati cedera atau luka ringan, seperti teriris, tergores, tersengat serangga, terkilir, dan luka bakar ringan. Anda disarankan untuk mempersiapkan obat dan peralatan berikut di dalam kotak P3K
1. Perban
2. Kain Kasa
3. Sarung Tangan
4. Gunting
5. Plester Luka
6. Salep antiseptik
7. Cairan Pembersih Luka
8. Pinset
9. Betadin
10. Alkohol


Jika semua barang kesehatan ini sudah ada di rumah anda di pastikan anda tidak akan bingung lagi jika terjadi suatu hal yang akan terjadi dengan keluarga anada. Tanpa orang kesehatan kita sebagai orang biasa pasti bisa menggunakannya karena buku panduan nya sudah lengkap dan jelas. Tujuannya artikel ini saya buat adalah untuk memastikan kondisi anda aman dan nyaman untuk mengantisipasi keadaan. Manusia tidak tahu kapan kita sakit dan musibah datang ke keluarga kita, jangan lupa share di media sosial baca artikel-artikel kesehatan lainnya.
Previous Post
Next Post