10 April 2019

BANYAK PIKIRAN/ STRESS DAPAT MENINGKATKAN ASAM LAMBUNG

betahinajaweb.com

Keadaan ini merupakan hal yang biasa kita dengar, sebab tidak hanya satu orang saja yang mengalami keluhan-keluhan seperti ini banyak penderita yang telah mengakui. Hal ini sering sekali terjadi jika kita lagi banyak pikiran dan stress yang terlalu berlebihan asam lambung mereka mesti naik sehingga merasakan nyeri di ulu hati, sendawa, perut terasa perih dan mules.

APA HUBUNGANNYA ???

Apapun tentang kesehatan pasti ada hubungannya, Bila kita sedang banyak pikiran/ stress tanda-tanda penderita akan merangsang sel-sel yang memperoduksi asam lambung. Sebenarnya asam berfungsi sebagai pembantu pencernaan dan membunuh kuman. Namun jika produksi asam yang terlalu berlebihan dapat merusak dinding yang ada di lambung dan kerongkongan. 
Banyak faktor yang bisa terjadi jika kita sedang banyak pikiran kita pasti lupa segala-galanya, letih, kurang istirahat, sensitif, nafsu makan berkurang di tandai dengan pola makan yang tidak teratur dan males untuk makan. Mengakibatkan asam lambung kita menjadi meningkat dan merasakan nyeri di perut. 
Jika hal ini terus berlangsung akan mengakibatkankan gangguan pada organ-organ lainnya.


TANDA-TANDA ASAM LAMBUNG NAIK :

1. Nyeri di Ulu hati
2. Mulut terasa pahit
3. Menyesak
4. Sendawa
5. Terasa Mual
6. Sering MMeludah
7. Kembung
8. Bauk napas tidak sedap
9. Perut terasa perih
10. Muntah


Kemudian agar tidak berlarut-larut agar asam lambung tidak semakin parah, para penderita harus menghindari makanan yang dapat meningkatnya asam di lambung seperti 
1. Tauge
2. Kol/ Kubis
3. Nangka
4. Pisang
5. Buah-buahan yang asam/ kecut
6. Duku
7. Rambutan
8. Durian
9. Makanan Pedas/ Sambal lado
10. Minum-minuman yang tinggi kadar gas nya(Ex. Sprite, Fanta, Big Cola, Coca Cola, kopi, alcohol, dll).

Penting untuk di ketahui dan di ingat stress sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita secara keseluruhan tanpa terkecuali. Jadi stress menjadi penyebab sakit maagh atau asam lambung meningkat untuk mensiasati hal tersebut di harapkan kepada penderita Maagh/ gastritis agar jangan terlu banyak di pikirkan, hal-hal yang tidak perlu jangan di masukkan ke hati memperbanyak sholat, istifar, dan selalu berdoa untuk kesembuhan kita.

Cara untuk mengurangi stress yaitu dengan teknik rileksasi pernapasan yaitu tarik napas dalam-dalam dengan menarik dan melepaskan napas secara perlahan lakukan hingga hati anda menjadi tenang, perbanyak minum air putih, mendengarkan musik, berbicara dengan keluarga atau teman dekat sambil tertawa, istirahat yang cukup, ber olah raga. Lakukan hal-hal ringan yang kita bisa lakukan semoga artikel ini bermanfaat, Jangan Lupa Share.


Previous Post
Next Post