24 April 2019

6 Gangguan Kesehatan Akibat Jongkok Terlalu Lama

Jongkok atau Squat down adalah menempatkan badan dengan cara melipat kedua lutut bertumpu kepada telapak kaki dengan pantat tidak menyentuh tanah atau lantai. Tak di sangka-sangka kebiasaan buruk ini dapat menimbulkan suatu penyakit jika kita terlalu lama jongkok.

Normalnya seorang manusia itu jongkok di saat Buang Air Kecil (BAK) dan Buang Air Besar (BAB), tak menjadi masalah jika kita jongkok kurang dari 2 menit namun yang menjadi masalah itu di saat kita Buang Air Besar (BAB) berjam-jam dan ada sebagian masyarakat yang melakukan kegiatan diskusi, bercengkrama atau ngobrol sambil jongkok hingga berjam-jam biasa nya banyak dilakukan di saat pesta karena tidak dapat kursi atau tempat.\


Sebagian masyarakat pastinya tak terfikirkan resiko apa yang terjadi jika kita sering melakukan aktivitas jongkok terlalu lama apa lagi sampai berjam-jam. Hal-hal seperti ini yang di khawatirkan kebiasaan buruk yang terus-menerus dilakukan karena dampaknya pada kesehatan dan mengganggu organ-organ tubuh kita.
Barbagai Gangguan Kesehatan Yang Timbul Akibat Jongkok Terlalu Lama

Banyak sekali hal-hal negatif yang dapat muncul jika kita sering melakukan aktivitas jongkok terlalu lama, Gejala awal yang biasa di alami sebagian masyarakat di antaranya adalah kaki menjadi kesemutan, betis keram dan ketika berdiri pandangan kabur dan gelap seperti sempoyongan itu sebagian gangguan kesehatan yang biasa kita alami. 


Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang di akibatkan jongkok terlalu lama :

1. Sakit Pada Bagian Perut

Kebiasaan jongkok terlalu lama hingga berjam-jam dapat mengakibatkan penekanan pada bagian bawah perut yang melipat dan mendapat tekanan dari berat badan tubuh kita bagian atas yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sampai nyeri ke ulu hati dimana kondisi tersebut dapat di alami oleh wanita ataupun pria.


2. Sakit Ambeien

Jika terlalu lama jongkok di saat Buang Air Besar (BAB) dapat mengakibatkan pembuluh darah vena di anus lebih banyak terisi darah sehingga menimbulkan benjolan pada bagian anus di tambah karena mengejan  terlalu kuat sehingga membuat tekanan pada rektum dan membuat pembuluh darah di sekitar rektum membesar dan bengkak dan membuat kita menjadi ambeien. Salah satunya penyebabnya adalah jongkok terlalu lama.


3. Mengganggu Aliran Darah

Di saat kita jongkok yang jelas dapat menghambat aliran darah dari tubuh kita ke kaki dan membuat pembuluh darah vena menjadi tersendat yang dapat mengakibatkan jaringan peredaran darah dan pembuluh darah vena menjadi rusak dan dapat memicu terjadinya varises.
4. Betis Menjadi Keram

Keram pada betis terjadi akibat jongkok yang terlalu lama sehingga menghambat dan menghentikan aliran darah untuk sementara sehingga oksigen di dalam darah ikut berhenti dan menimbulkan otot pada betis menjadi keram dan terasa nyeri. Betis akan mengalami ketegangan otot dan mati rasa.


5. Nyeri Pada Lutut

Saraf-saraf pada sendi lutut akan terganggu jika terlalu lama di tekuk dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang ada pada bagian bawah lutut yang akan menimbulkan nyeri lutut yang berkesinambungan. 


6. Kesemutan Pada Kaki

Jongkok terlalu lama dapat menyumbat aliran darah di sekitar kaki yang menyebabkan area pergelangan sampai jari-jari kaki mengalami mati rasa, terasa panas dan kesemutan. Jika posisi jongkok di rubah atau di selonjorkan maka sensasi kesemutan akan segera menghilang dengan sendirinya.


Sebaiknya lebih baik kita meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk ini agar tidak menimbulkan penyakit pada tubuh kita karena aktifitas jongkok pada masyarakat indonesia merupakan salah satu posisi duduk yang dinilai cukup nyaman dan membuat siapapun menjadi santai karena jongkok dilakukan sebagai gaya hidup turun-temurun di masyarakat misalnya ketika bercengkrama, ngobrol dan lain-lain. Namun kebiasaan ini bisa mengakibatkan aktivitas yang berbahaya jika di lakukan terus-menerus. 
Untuk mensiasatinya sebaiknya kita lakukan hal sebagai berikut :

1. Ketika BAB sebaiknya jangan terlalu-lama atau sampai berjam-jam 

2. Jika teman jongkok sebaiknya kita tidak perlu di ikuti lebih baik anda cari alas untuk langsung selonjor atau mencari kursi agar bisa duduk.

Previous Post
Next Post