26 April 2019

Tutorial Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Dengan Mudah

Hai sahabat, lama tak kasih informasi tentang tutorial.
Kali ini saya akan berbagi pembahasan tentang tutorial daftar bpjs kesehatan online secara lengkap, seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Smartphone semakin hari semakin canggih, berbagai aplikasi bermunculan bagaikan air hujan yang terus-menerus membanjiri lingkungan. Termasuk aplikasi Mobile JKN yang secara gampang bisa di akses dengan cara men download melalui Play Store dan App Store.
Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).


Baca Juga : 6 Gangguan Kesehatan Akibat Jongkok Terlalu Lama

Produk asuransi kesehatan diselenggarakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum. Salah satunya yaitu BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek ) merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014. BPJS Kesehatan juga dibentuk dengan modal awal dibiayai dari APBN dan selanjutnya memiliki kekayaan tersendiri yang meliputi aset BPJS Kesehatan.


PERSYARATAN-PERSYARATAN YANG HARUS DI PERSIAPKAN DAHULU :

Hal-hal yang harus dipersiapkan :
1. Kartu Tanda Penduduk/ E-KTP
2. Kartu Keluarga/ KK
3. Buku Tabungan ( BRI, BNI, MANDIRI, BCA )
4. Nomor HP
5. Email Aktif
6. Tentukan Fasilitas Kesehatan Pertama untuk berobat jalan dan Rawat Inap.

Baca Juga : 5 Alat Kesehatan Yang Wajib Ada Di Rumah

BESARAN IURAN ADALAH SESUAI DENGAN KELAS PERAWATAN YANG DI PILIH :
KELAS I : Rp. 80.000/ Bulan
KELAS II : Rp. 50.500/ Bulan
KELAS III : Rp. 25.500/ Bulan


Baiklah setelah kita mengetahui syarat-syarat nya kemudian kita masuk ke tahap yang pertama adalah membuka situs Play Store dan App Store ketik Mobile JKN dan download hingga selesai. Setelah Aplikasi Mobile JKN sudah ada, buka aplikasi nya nanti akan muncul gambar seperti ini :

Kemudian anda klik atau tekan kolom Pendaftaran Peserta seperti tanda panah di atas :

Setelah anda klik atau tekan kolom Pendaftaran Peserta nanti akan muncul gambar seperti ini baca hingga selesai jika pengen tahu aturan yang ada di BPJS Kesehatan :


Lalu anda klik atau tekan kolom Saya Setuju seperti tanda panah diatas :

Baca Juga : Cara Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah ini isi NIK E-KTP anda dan masukan nomor Captcha di samping kemudian klik kolom Cari :

Setelah benar memasukkan NIK E-KTP nanti akan muncul data-data anggota keluarga anda  seperti ini :

Setelah itu anda Klik Tombol Selanjutnya dan akan muncul gambar seperti ini

Kemudian Anda Isilah Data pribadi, dengan cara Meng KLIK Alamat Domisili/ Surat Menyurat nanti akan muncul gambar seperti ini :
Anda isi sesuai alamat di E=KTP anda secara lengkap Kemudian Klik Simpan setelah anda mengisi data pribadi anda, lalu anda mengisi tempat anda ingin berobat cari sesuai daerah anda dan nama puskesmas yang terdekat dengan rumah anda baik puskesmas, klinik ataupun rumah sakit.

Kemudian anda Klik Simpan dan masukan Email Aktif anda nanti jika email anda benar Virtual Acoun untuk pembayaran akan di kirim melalui email anda, jarak pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan Adalah 14 Hari baru bisa di bayar dan di cetak kartu BPJS nya.

Previous Post
Next Post