04 August 2019

DAMPAK LIMBAH SAMPAH YANG MEMBAHAYAKAN KEHIDUPAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN


Seiring berjalannya waktu harus kita sadari tentang pencemaran limbah sampah di suatu kota atau desa yang sangat mengkhawatirkan dan memperhatinkan. Banyak kubangan sampah yang ada di mana-mana baik akibat sampah perusahaan swasta, perkantoran, pabrik, toko, pasar maupun sampah rumah tangga yang tidak ada tempat pengolahan sampah yang benar dan baik. 


Jika hal ini terus menerus terjadi maka kelangsungan hidup manusia akan terganggu dan pencemaran udara akan semakin memburuk. Sebenarnya banyak sekali dampak yang terjadi jika hal ini terus terjadi. Semakin banyak perindustrian dan semakin meningkatnya teknologi yang di harapkan kehidupan manusia semakin lebih sejahtera namun buktinya tetap menimbulkan dampak yang negative karena salah akan pengolahan limbah sampah yang tidak di pikirkan oleh industry-industri yang ada saat ini.

Berikut Dampak-Dampak Yang Akan Terjadi :

I.  KESEHATAN
Kesehatan manusia itu tercermin dari kebersihan dan lingkungan sekitar. Jika sampah-sampah bertebaran dimana-mana otomatis lingkungan dan udara semakin kotor dan kebutuhan akan oksigen yang bersih tidak akan ada lagi. Saat ini tempat pengolahan sampah tidak ada yang memadai dan tidak terkontrol oleh pemerintah setempat. Banyak organism yang senang berada di kubangan sampah seperti bakteri, lalat, nyamuk, semut, dan banyak lainnya yang akan menimbulkan penyakit.

Baca Juga : 5 ALAT KESEHATAN YANG WAJIB ADA DI RUMAH

Kesehatan manusia pasti akan terganggu, berikut penyakit-penyakit yang bisa timbul :

1. Diare
2. Ispa
3. Tifus
4. Hepatitis
5. Demam Berdarah (DBD)
6. Dermatitis
7. Jamur kulit
8. Batuk
9. Kolera
10. Cacingan


II.  LINGKUNGAN

1.  Pencemaran Udara
Akibat Sampah yang selalu menumpuk dan tidak cepat-cepat di angkut itulah yang menjadi faktor sumber bau tidak sedap yang memberikan efek buruk bagi kesehatan dan lingkungan sekitar nya seperti perumahan, pertokoan, taman rekreasi, dan lain-lain. Pada saat pengumpulan sampah sering sekali terjadi pembelendungan yang amat tinggi akibat penundaan pembakaran sampah sampai berbulan-bulan sehingga menyebabkan kapasitas tempat terlampaui. Asap yang di hasilkan dari pembakaran sampahpun juga menimbulkan masalah terutama di sekitar lingkungan tempat sampah itu yang tercium bau tidak sedap.

2.  Pencemaran Air
3.  Pencemaran Tanah
4.  Gangguan Estetika
5.  Dampak Sosial


Pesan Untuk pemerintahan agar memperhatikan pengolahan sampah tidak hanya memperhatikan perkembangan kota tetapi wajib juga memperhatikan limbahnya juga. Perlu di perhatikan juga oleh pemerintah yang mempunyai wewenang dalam memberikan izin terhadap Perusahaan maupun Industri rumahan bahwasan nya mereka harus mempunyai tempat pengolahan sampah yang benar agar tidak membuang limbah sampah ke pemukiman warga dan lingkungan sekitar.
Previous Post
Next Post

0 coment�rios:

Silahkan Berkomentar Untuk Kemajuan Postingan Blog